Senin, 07 Agustus 2017

Peristiwa Bom Bali Disusun Oleh KELOMPOK 5 XI MIPA 1 SMA Xaverius 1 Palembang

PERISTIWA BOM BALI
Disusun Oleh
KELOMPOK 5 XI MIPA 1 SMA Xaverius 1 Palembang
Nama Anggota:
     1. Defiana Johan (07).
     2. FadillahRandasari (11).
     3. Jessica Triana (18).
     4. Tegar Habib (36).
     5.Vincentsius(38).                                  


(Link video) youtube: https://www.youtube.com/watch?v=pZNxMM-1n8k&feature=youtu.be

(Penjelasan mengenai kasus tersebut 5w+1H)
Kasus pelanggaran ham yakni peristiwaPengeboman Bali merupakan bentuk kasus pelanggaran Ham kepada Khususnya pada wargalokaldanturisyang kala itu sedang berkunjung di pulaudewatatersebut. Peristiwapengebomanini terjadidua kali yaitupadatahun 2002 dan 2005. Padatahun 2002 ledakanpertamaterjadi di Paddy's pub dan Sari Club(SC) di Kuta, Bali. Menurut kabar yang beredar, banyak orang yang terlukasertabanyak juga turisdanwargalokal yang meninggal di tempat, kebanyakan korban merupakanwisatawanasing yang sedangberkunjungkelokasi yang merupakantempatwisatatersebut. Dan padatahun 2005 kejadiantersebutterulangkembalidengantercatat 202 korban jiwadan 209 orang cedera. Peristiwa ini merupakan kasus pelanggaran Ham di Indonesia yang tidak akan pernah dilupakan dalam sejarah pendidikan.
Pada acara konferensi pers, presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengemukakan telah mendapat peringatan mulai bulan Juli 2005 akan adanya serangan terorisme di Indonesia. Namun aparat mungkin menjadi lalai karena pengawasan adanya kenaikan harga BBM, sehingga menjadi kurang peka.
Dalam konferensi pers pada 2 Oktober, Inspektur Jenderal Made Mangku Pastika menunjukkan video salah satu pengebom memasuki Restoran Raja di Kuta dengan menyanggul ransel, dan meledakkannya.[6]
Pada 9 November 2005, polisi melakukan penyergapan di sebuah vila di Kota Batu. Dalam peristiwa tersebut, Dr. Azahari, buronan asal Malaysia yang diduga merupakan orang yang membuat bom dalam dua kali pengeboman di Bali, tewas ditembak polisi.
Kemudian pada hari yang sama di Semarang, dilakukan penyergapan dan perburuan di tempat persembunyian buronan lainnya, Noordin M. Top. Di situ, polisi menemukan sejumlah barang bukti milik para pelaku Bom Bali 2005, di antaranya rekaman kesaksian ketiga pelaku bom bunuh diri di Bali dan dua kartu tanda penduduk milik dua pelaku pengeboman tersebut. Dalam rekaman video tersebut, salah seorang pelaku mengatakan bahwa perbuatan yang mereka lakukan akan membawa mereka masuk surga. Rekaman kaset tersebut lalu digunakan untuk mencocokkan wajah pelaku dengan kepala para pengebom yang ditemukan di lokasi pengeboman.
Selain itu, pada 16 November, kaset tersebut juga diputarkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada 12 kiai Jawa Timur. Melalui pemutaran tersebut, diharapkan para kiai dapat menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pengertian mengenai ajaran Islam yang salah dari para pengebom.

Sumber:
      

OPINI / TANGGAPAN/SOLUSI KELOMPOK
1.   Fadillah R.
Seperti yang kita ketahui, Hak adalah sesuatu yang telah kita peroleh sejak dalam kandungan, salah satunya yaitu hak untuk hidup yang merupakan hak mutlak bagi setiap orang. Setiap orang tentu memiliki hak. Adanya kasus pengeboman Bali tersebut tentunya merupakan salah satu kejahatan yang tidak sepantasnya dilakukan sebagai layaknya manusia, sebagai manusia kita pastinya memiliki rasa simpati dan empati yang tinggi terhadap sesama. Peristiwa pengeboman tersebut tentunya merenggut banyak jiwa baik warga lokal maupun para turis yang tidak bersalah. Lagipula, dengan mengadakan bom tersebut tidak membuahkan hasil positif tetapi malah menjerumuskan diri sendiri keranah pidana. Yang dapat kita lakukan sebagai pelajar/masyarakat agar tidak terjerumus  kehal seperti itu adalah memperkuat iman, dengan iman yang kuat sehingga kita tidak mudah terbawa arus negatif, serta mendoakan para saudara kita yang menjadi korban, memperkokoh kesadaran diri untuk cinta damai dan sadar bahwa kita hidup satu sebagai saudara, maka perlakukanlah orang lain, seperti kita perlakukan diri kita/saudara kita.
  2.    Jessica Triana.
Jika kita cermati, hak adalah sesuatu yang mutlak dan dimiliki setiap manusia. Munculnya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia adalah Pengeboman di Bali. Pengeboman tersebut merenggut banyak nyawa, tidak hanya dari Indonesia bahkan memakan korban Australia yang sedang berlibur di Bali. Di mana kasus tersebut sama sekali tidak patut untuk dilakukan karena termasuk pelanggaran HAM yang berat. Orang-orang yang terlibat tidak memiliki hati nurani, akal budi dan pikiran yang sehat.Apalagi kasus ini tidak menghasilkan hal positif bahkan membuahkan hasil negatif. Hal yang dapat kita lakukan sebagai seorang pelajar/masyarakat ialah mendoakan mereka yang telah menjadi korban, laluberdoa kepada Tuhan YME agar tak terjerumus ke arah negatif, saling mencintai dan menghormati sesama manusia, serta memperkuat rasa kerukunan, cinta damai dan keharmonisan walau berbeda agama.

3. Defiana Johan.
Hak merupakan Hak yang kita miliki sejak kita dalam kandungan, seperti hak untuk hidup dan hak untuk lahir, sekarang kasus HAM yang terjadi di Indonesia adalah Pengeboman di Bali. Setiap orang memiliki Hak untuk menikmati hidup dan menjalakan aktivitasnya masing-masing dengan tragedi Pengeboman di Bali semua orang meninggal dan luka-luka sehingga banyak orang tidak bisa melaksanakan atau menjalankan hak miliknya. Orang  yang melakukan pengeboman ini bukanlah hak melainkan tindakan kejahatan yang menghilangkan hak setiap orang untuk hidup. Hal yang dapat kita lakukan sebagai pelajar/masyarakat ialah mendokan mereka yang menjadi korban pengeboman, jaga pergaulan, dekatkan hati kepada Tuhan YME agar dapat jalan menuju hal yang positif, saling tolong menolong, saling menghargai setiap hak orang lainn yang mereka miliki, ciptakan rasa syukur atas hak yang kalian dapat, sering ciptakan suka cita yang indah dan kembangkan hati kita untuk mencitai sesama dan menghormati setiap hak yang dimikili orang lain.
4.Tegar habib
Hak adalah sesuatu yang mutlak yang dimiliki setiap manusia sejak lahir.Hak yang paling penting adalah hak untuk hidup yang dimana seluruh manusia harus/berhak mendapatkannya.pada kasus yang telah kami diskusikan ini merupakan pelanggaran yang sangat berat karena telah banyak merebut hak tersebut karena banyak orang orang yang meninggal baik masyrakat local maupun luar negeri.Menurut saya kasus seperti ini harus segera dicegah dan dihentikan karena dapat menimbulkan kerugian yang besar tehadap Negara dan membuat masyrakat trauma.Slagiistem keamanan juga harus diperkuat agar kejadian seperti ini tidak terjadi.Orang yang melakukan kasus ini adalah orang yang telah melanggar peraturan dan merupakan tindakan criminal yang harus di hokum sesuai dengan apa yang dia perbuat.Jadi sebagai pelajar/masyrakat kita seharusnya saling menjalin persaudaran,saling membantu,saling menghargai antar umat beragama,dan yang paling penting adalah percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa karena jika kita tekun beribadah makan pikiran dan hati kita pasti sesuai dengan tindakan yang mencerminkan keselamatan dan saling menghormati hak setiap orang.Maka marilah kita saling mencintai dn membantu agar tragedi seperti ini tidak terjadi lagi di seluruh dunia.
5. Vincentsius
         Hak adalah sesuatu yang wajib diterima oleh manusia.terutama hak untuk hidup. Dari kasus tersebut telah terbukti bahwa kasus tersebut merupakan kasus pelanggaran HAM yang telah terjadi di Indonesia tahun 2002 dan 2005. Menurut saya, kasus tersebut merupakan kasus yang melanggar HAM karena dalam kasus tersebut tertulis bahwa telah terjadi pengeboman di Pulau Dewata yang mengakibatkan banyak orang yang terluka dan meninggal. Kasus ini merupakan kasus yang dilakukan oleh orang orang yang tidak memiliki hati nurani. Banyak warga lokal dan wisatawan yang terluka bahkan meninngal ditempat. Mereka tidak seharusnya melakukan hal itu sehingga menyebabkan puluhan bahkan ratusan orang cedera dan terbunuh. Padahal yang menetukan hidup dan mati seseorang adalah Tuhan Yang Maha Esa. Hal yang seharusnya kita lakukan sebagai pelajar adalah berdoa bagi para korban yang meninggal,saling hidup rukun antar sesama manusia,saling mencintai sesama manusia,dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tidak terjerumus ke arah negatif.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar