Selasa, 15 Agustus 2017

Kekejaman NAZI Disusun Oleh: Kelompok 1 XI MIPA 5 SMA Xaverius 1 Palembang

Disusun Oleh:
Kelompok 1 XI MIPA 5 SMA Xaverius 1 Palembang
Nama Anggota:
1.      Anak Agung Satria
2.      Cindy Kolina
3.      Crysthalia
4.      Ricky filbert
5.      Roberto nicholas
6.      Steven F




What

Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman (Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei , disingkat NSDAP) atau lebih dikenal dengan Partai Nazi adalah sebuah partai politik yang pernah ada di Jerman. Sebelumnya partai ini bernama Deutsche Arbeiterpartei (Partai Buruh Jerman), nama partai itu diubah pada tanggal 24 Februari 1920 setelah Adolf Hitler mengambil kepemimpinan partai. Nazi adalah kekuatan politik utama di Jerman Nazi sejak kejatuhan Republik Weimar pada tahun 1933 hingga akhir Perang Dunia IIpada tahun 1945, ketika dideklarasikan ilegal dan para pemimpinnya ditangkap dan dikenai tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan melalui Pengadilan Nurenberg. Para penganut dan pelaksana Partai Nazi telah mengangkat sebuah ideologi politik baru, biasa dikenal sebagai "Nazisme".

Pemimpin partai ini, Adolf Hitler, dipilih menjadi Kanselir Jerman oleh presiden Paul von Hindenburg pada tahun 1933. Sejak saat itu, Adolf Hitler dengan cepat membangun rezim totalitarian di Jerman. yang dikenal dengan sebutan Reich ketiga.

Ideologi Nazi menekankan pada kemurnian ras orang-orang Jerman dan menyingkirkan kaum yang mereka sebut sebagai Lebensunwertes Leben (di antaranya Yahudi, orang Slavia, Orang Rom, dan homoseksual), kelompok Saksi-Saksi Yehuwa, orang-orang cacat mental atau fisik, dan komunis. Untuk menjalankan ideologi ini, Nazi melakukan pembunuhan sistematis terhadap 6 juta Yahudi (yang kini dikenal dengan sebutan Holocaust), dan lima juta orang lainnya, sebagian besar orang Rusia, Polandia, dan Roma. Kebijakan Hitler untuk membangun kekaisaran di Eropa dengan cara-cara kekerasan seperti ini kemudian memicu pecahnya Perang Dunia 2 di Eropa.

When
Di awal tahun 1918, sebuah partai bernama Freier Ausschuss für Einen Deutschen Arbeiterfrieden (Komite Bebas untuk Kedamaian Buruh Jerman) didirikan di Bremen, Jerman. Anton Drexler, seorang tukang kunci dan penyair, mendirikan sebuah cabang dari perkumpulan ini pada 7 Maret 1918, di Munich. Drexler pernah menjadi anggota partai Fatherland semasa Perang Dunia I, dan merupakan salah satu penentang perjanjian damai antara Sekutu dengan Jerman yang mengakhiri Perang Dunia I tahun 1918. Ia memiliki pandangan seperti umumnya nasionalis militan saat itu: menentang Perjanjian Versailes, anti-semit dan anti-marxis, dan mempercayai superioritas ras Arya. Ia juga percaya bahwa kapitalisme Internasional merupakan bagian dari gerakan dominasi Yahudi di seluruh dunia dan menuduh kapitalis mengambil keuntungan (profit) dari Perang Dunia I. Drexer juga berpandangan bahwa kekacauaan dan ketidakstabilan politik adalah karena Republik Weimartidak mau memedulikan rakyat kecil.
Pada tahun 1919, Drexler, dengan Gottfried Feder, Dietrich Eckart dan Karl Harrer, mengubah nama partai tersebut menjadi Deutsche Arbeiterparte (Partai Pekerja Jerman) atau biasa disingkat DAP.
Tahun 1919, Rohm bergabung dengan partai tersebut. Di sana, dia bertemu dengan seorang veteran Perang Dunia I, berusia 30 tahun: Kopral Adolf Hitler yang sama seperti Rohm, membenci kelompok Komunis dan Yahudi. Hitler juga bergabung dengan partai pekerja Jerman pada tahun 1919. Di kartu anggotanya tertera dia anggota nomor 555 meskipun pada kenyataannnya dia anggota nomor 55; partai itu memberi nomor mulai dari 500 agar anggotanya terlihat banyak

Who
Adolf Hitler (bahasa Jerman: [ˈadɔlf ˈhɪtlɐ]; lahir di Braunau am Inn, Austria-Hongaria, 20 April 1889 – meninggal di Berlin, Jerman, 30 April 1945 pada umur 56 tahun) adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi (bahasa Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP); Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional) kelahiran Austria. Ia menjabat sebagai Kanselir Jermansejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Why
Nazisme muncul sebagai akibat dari Perang Dunia I. Pada 11 November 1918 secara mengejutkan bagi pasukan garis depan Jerman, perang tiba-tiba berakhir. Pasukan garis depan tidak merasa dikalahkan dan mereka heran mengapa gencatan senjata terjadi begitu cepat sehingga mereka harus segera meninggalkan posisinya padahal mereka masih berada di wilayah musuh.[9]Mitos yang berkembang di antara para prajurit Jerman yang menyerah ini adalah bahwa mereka telah "ditikam dari belakang." Bahwa pasukan garis depan dan 2 juta rakyat Jerman tewas selama perang telah dikhianati oleh kelompok Marxis dan Yahudi yang telah memunculkan perbedaan pendapat di negara mereka. Ketika pasukan selamat itu kembali ke Jerman baru yang demokratis, mereka membawa serta kekecewaan mereka. Seusai perang, negara-negara sekutu melanjutkan blokade terhadap Jerman. Pasukan yang kembali dan berbaris melewati München, ibukota Bayern, terkejut melihat keluarga mereka yang masih menderita. Jutaan rakyat Jerman kelaparan dan ribuan lainnya sekarat akibat penyakit TBC dan influenza.

How
Perang yang pecah pada tahun 1939 menyebabkan terjadinya kemunduran di tubuh partai, terutama setelah tahun 1941 ketika perang mulai memanas dan menyeret Jerman ke dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Pada saat yang sama, Hitler meninggalkan urusan domestik dan memusatkan perhatiannya pada militer tanpa menunjuk seseorang untuk menggantikan kedudukannya untuk mengatur masalah domestik. Akibatnya, administrasi sipil Jerman kacau, tidak terorganisasi, dan tidak efektif. Dalam keadaan seperti ini, the Gauleiters, yang hampir semuanya merupakan loyalis fanatik Hitler, mulai mengambil kontrol atas pengarahan tenaga kerja, alokasi perumahan, proteksi serangan udara, dan lainnya. Kadangkala mereka juga bertindak sebagai ombudsman untuk rakyat. Mereka juga menghasut pengusiran semua orang Yahudi yang tersisa di Jerman dengan alasan rakyat Jerman mulai kekurangan rumah dan tempat tinggal akibat pengeboman yang dilakukan sekutu.

Pasukan itu adalah daerah terakhir dari negara Jerman yang mengalah ke Partai Nazi, dan tak pernah dilakukan sepenuhnya. Reichswehr pra-1933 telah melarang anggotanya mengikuti ParPol itu, dan ini dipertahankan selama beberapa waktu setelah tahun 1933. Tokoh Nazi militer bergabung dengan Waffen SS, sayap militer SS. Namun pada tahun 1938 MenHan Blomberg dan kepala staf pasukan, Jenderal Werner von Fritsch, disingkirkan dari jabatannya setelah skandal yang dibuat-buat. Hitler mengangkat diri sebagai MenHan, dan pimpinan pasukan yang baru, Jenderal Franz Halder dan Walther von Brauchitsch, kagum pada Hitler dan tidak bisa menentang kehendaknya secara terbuka. Namun, secara aktif Halder mendukung rencana tak berhasil untuk mengadakan kudeta dan menyingkirkan Hitler dari kekuasaannya selama krisis tahun 1938 di Cekoslowakia, dan kembali pada tahun 1939. Brauchitsch mengetahui rencana-rencana itu namun tak mendukungnya. Hanya setelah tahun 1939, pelarangan tokoh Nazi bergabung dengan Pasukan Jerman - yang secara tradisional basis kekuatan konservatisme monarkis Protestan yang berlawanan pada gerakan politik massal apapun - dicabut, dan sejumlah jenderal, utamanya Walther von Reichenau dan Walter Model, menjadi tokoh Nazi yang fanatik. Tak sampai tahun 1944 sekelompok perwira yang menentang rezim Nazi merancang percobaan serius untuk menjungkalkan Hitler dalam Plot 20 Juli, namun mereka tak pernah mendapatkan dukungan penuh dari korps-korps perwira. Bagaimanapun AL Jerman amat setia pada Hitler dan komandannya Karl Dönitz, adalah calon pengganti Hitler pada tahun 1945.

Dari tahun 1945, Partai Nazi dan negara Nazi tak sanggup lama berpisah. Ketika pasukan Jerman menyerah kepada Sekutu pada bulan Mei 1945 dan negara Jerman berhenti ada, Partai Nazi, meskipun memiliki 8,5 juta anggota nominal dan struktur organisasi di seantero negeri, juga berhenti ada. Anggotanya yang paling fanatik bisa bunuh diri, melarikan diri dari Jerman, maupun ditangkap. Khayalak ramai membakar kartu partainya dan berusaha bercampur ke dalam masyarakat Jerman secepat mungkin. Dari akhir perang, Nazi telah berkurang dibandingkan pada kesetiaan pada seorang Adolf Hitler, dan kematiannya membebaskan kebanyakan anggota Nazi dari sumpahnya dan berharap untuk menjaga partainya tetap bernapas. Dalam Testamen Politiknya, Hitler mengangkat Bormann "Menteri Partai", namun tak mencalonkan pengganti sebagai pimpinan partai - pengakuan bahwa Partai Nazi tanpa Hitler tak memiliki asas keberadaan. Secara resmi Partai Nazi dilarang oleh pemerintah pendudukan Sekutu dan proses denazifikasi meluas dilakukan untuk membersihkan bekas anggota Nazi dari pemerintahan, peradilan, perguruan tinggi, sekolah, dan pers di daerah pendudukan Jerman. Sebenarnya tidak ada perlawanan atau percobaan untuk mengorganisasi gerakan bawah tanah Nazi. Dari masa itu kehidupan politik yang normal tercipta lagi di Jerman Barat pada tahun 1949, Nazi secara efektif lenyap. Di Jerman Timur, pemerintah komunis yang baru membalas dendam atas bekas tokoh Nazi berpangkat tinggi yang bisa mereka temukan, dan kelangsungan jenis gerakan Nazi apapun tak mungkin dipertahankan.

Where

Berikut merupakan wilayah kekuasaan nazi
·         Austria (Maret 1938)
·         Cekoslowakia
·         Polandia (September 1939)
·         Denmark (April 1940)
·         Norwegia (April 1940)
·         Belanda (Mei 1940)
·         Belgia (Mei 1940)
·         Luksemburg (Mei 1940)
·         Perancis (Juni 1940)
·         Yunani (April 1941)
·         Yugoslavia (April 1941)
·         beberapa negara di bagian Afrika Utara
·         sebagian wilayah Uni Soviet/Rusia (tidak berhasil menguasai semua wilayahnya karena musim dingin)


Sumber: 
http://alifrafikkhan.blogspot.co.id/2009/05/kronologi-menangnya-partai-nazi-sampai.html?m=1
https://www.kaskus.co.id/thread/51cf060f7c1243161d00000a/kekejaman-hitler-dalam-gambar/

alifrafikkhan.blogspot.co.id/2010/05/album-foto-eksekusi-nazi-jerman.html?m=1


Pendapat

1.      Anak Agung Satria
Pelanggaran Ham yg dilakukan oleh klompok nazi adalh suatu pelanggaran Ham berat, karena tentara nazi yang dipimpin oleh seorang adolf hitler tersebut tidak segan segan untuk menyiksa bahkan membunuh khususnya orang orang yahudi seperti yang dilakukan nazi untuk membunuh yaitu dengan menggunakan kamar gas untuk membunuh ribuan orang baik laki" perempuan dan anak anak. Dari Nazi kita dapat mengambil kesimpulan dengan tidak mengulangi kesalahan yang dibuat oleh Nazi itu sendiri walaupun Nazi sendiri mengganggap kalau itu benar, karena Ham adalah hal yang mutlak yg dibawa dari lahir, dan semua manusia memiliki hak yang sama..

2.      Cindy Kolina

Menurut saya, kelompok nazi telah melakukan pelanggaran ham yang sangat berat dan keji. Dapat dilihat dari berbagai pembantaian yang dilakukan yang menyebabkan banyaknya korban jiwa, salah satunya ketika mereka membantai 137.346 laki-laki, perempuan, dan anak-anak Yahudi, serta hanya menyisakan sekitar 35.000 orang Yahudi hidup, yang sebagian besarnya menjadi buruh kerja paksa di pemukiman ghetto Kovno, Vilna, dan Siaulia. Mereka semua memiliki hak untuk hidup dan mempertahankan hidup mereka sesuai pasal 28A dan 28I tapi kelompok nazi telah merenggutnya serta pasal 28G dan 28I dimana manusia memiliki hak untuk tidak disiksa.

3.      Crysthalia

Menurut saya nazi merupakan sebuah organisasi yang bertentangan dengan ideologi pancasila. Hal ini terbukti dr banyaknya korban yang tewas selama Adolf Hitler menjadi ketua nazi. Para orang cacat dan anak-anakpun dibunuh dengan cara yang tidak lazim seperti kursi listrik dan lainnya. Pelanggaran HAM ini termasuk pelanggaran HAM yg berat karena organisasi nazi sudah mengambil secara paksa hak asasi yang sudah diberikan oleh Tuhan kepada manusia yang sifat nya abadi dan tidak dapat di ganggu gugat.

4.      Ricky filbert.

menurut saya Nazi merupakan pelanggaran Ham yang berat.Nazi merupakan organisasi jerman yang ada pada tahun 1933 sampai 1945, ketika Adolf Hilter memimpin negara jerman sebagai diktator dan menyebarkan ideologi nasional-sosialisme.

Dalam periode ini Jerman tumbuh dari negara yang kalah Perang Dunia I hingga menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di dunia. Pada saat yang bersamaan juga berlaku politik rasis yang meninggikan bangsa Arya dan merendahkan ras-ras lain,Hal ini melanggar HAM Pasal 28 D dimana bangsa Yahudi tidak mendapat perlakuan yang sama.

Terutama bangsa Yahudi didiskriminasi dan dikumpulkan untuk dibunuh di kamp konsentrasi. Selain orang Yahudi kaum Nazi juga mendiskriminasi dan membantai bangsa Gipsi (Rum dan Sinti) serta bangsa Slavia Hal ini melanggar HAM pasal 28A yaitu hak untuk hidup dan mempertahankan hidup.Sebelum mereka dibunuh bangsa Yahudi disiksa terlebih dahulu hal ini melanggar HAM pasal 28 I yaitu Hak untuk tidak disiksa. Jerman Nazi berakhir ketika mereka kalah Perang Dunia II melawan Uni Soviet dan kekuatan Sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Sebagai hasil dari kekalahan ini negara Jerman lantas dibagi menjadi Republik Federal Jerman di barat dan Republik Demokratik Jerman di timur

wilayah taklukan nazi antara lain:
Austria (Maret 1938)CekoslowakiaPolandia (September 1939)Denmark (April 1940)Norwegia (April 1940)Belanda (Mei 1940)Belgia (Mei 1940)Luksemburg (Mei 1940)Perancis (Juni 1940)Yunani (April 1941)Yugoslavia (April 1941)beberapa negara di bagian Afrika Utarasebagian wilayah Uni Soviet/Rusia.


5.      Roberto nicholas

Menurut saya NAZI merupakan kelompok orang orang yang membenci bangsa Yahudi, Gipsi, Polandia, dan Slavia,yang mereka anggap lebih rendah daripada mereka.NAZI dibentuk untuk mengadakan pembantaian mulai dari membunuh semua kelompok sasaran mereka, terutama bangsa Yahudi,tidak hanya itu saja mereka juga membakar dan menghancurkan semua gereja dan membunuh para agamawan.Menurut pendapat saya sebagai siswa kelompok NAZI sangat kejam serta merusak bangsa dan negara,walaupun saya tidak mengetahui secara persis peristiwa tersebut namun saya dapat menyimpulkan bahwa kelompok NAZI berisikan orang orang  tidak manusiawi yang membunuh serta membantai orang yang tidak bersalah

6.      Steven F

menurut saya Nazisme lahir di tengah konflik politik yang dialami Jerman setelah Perang Dunia Pertama. Pemimpin Partai Nazi adalah Adolf Hitler, sosok yang sangat ambisius dan agresif. Hitler memiliki pandangan sangat rasis. Ia sangat meyakini keunggulan bangsa Jerman atau "Arya" di atas ras-ras lain. Ia memimpikan ras "Arya" Jerman akan segera mendirikan imperium yang bertahan selama seribu tahun. hitler sendiri terinspirasi dari teori darwin sehingga menulis buku yang berjudul Mein Kamf yang sebenarnya hanya berisi pencerminan konsep darwin . menurut saya nazi sangat merugikan bangsa bangsa lain karena pemimpinya juga diktator yang kejam yang tidak pandang bulu utk membunuh orang sehingga sangat buruk utk bangsa lain
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar